image

Assalamualaikum wR wb, terima kasih masih setia mengikuti blog ini. Saya akan selalu berusaha menyajikan informasi bermanfaat .Sebagai petani jamur, harga bahan baku adalah salah satu jebutuhan utama yang harus di pertimbangkan. Sebut saja komposisi adonan Baglog Contohnya. Bahan atau Komposisi pembauat baglog adalah.
1. Serbuk gergaji
2. Bekatul atau dedak, jangung
3. Kapur atau dolomik

Yang mana setiap bahan memiliki fungsi dan peran masing-masing:

Serbuk gergaji: adalah media dasar atau tanam, dimana tempat jamur tumbuk. Jenis kayu yang digunakan beragam, tapi usahakan jenis kayu lunak agar pelapukan atau pengomposan lebih cepat.

Bekatul: bekatul atau dedak adalah nutrusi atau pupuk yang berperan sebagai makanan untuk pertumbuhan jamur. Selain bekatul yang bisa digunakan adalah tepung jagung, tepung beras, gandum. Bahkan ada yang menambahkan dengan senyawa glukosa seprti gula, dan tetes tebu. Sebelumnya Terima kasih telah mengujungi blog kami, Silahkan kilik sekali saja salah satu iklan yang ada disini agar google selalu mendukung blog kami untuk menampailkan informasi terbaru secara gratis terima kasih atas kerja sama anda semua.

Namun pada umumnya kebanyakan petani lebih cendrung menggunakan bekatul sebagai komposisi karena harga relatif murah dengan nutrisi yang cukup.

Dolomik / Kapus: bahan ini saya tidak bisa menjelaskan secara diteil fungsinya. Yang saya tau ini juga termasuk komposis dasar yang harus dipenuhi untuk adonan Baglog. Salah satu fungsi dolomik adalah untuk mempercepat proses pengomposan dan pelapukan media. Juga sebagai pengontril tinggi rendahnya PH.

Formasi Kompisi
100:20:2
Komposisi ini adalah komposisi yang diterapkan para petani jamur pada umumnya. Maksud dari farmasi di atas adalah.
100 kg serbuk gergaji + 20 kg bekatul + 2 kg kapur dolomik. Lalu aduk rata dan campurkan adonan denga air 60% jangan terlalu basah dan jangan terlalu kering.

FORMASI BARU
KOMPOSISI PUPUK ORGANIk

Belakangan ini anda pasti juga pernah mengalami harga bahan baku yang mahal dan bahkan sulit untuk di dapat. Terutama bahan baku Dedak / Bekatul.
Saat musim hujan kemaren bekatul sangat sukar untuk ditemukan bahkan harnya juga mahal yang membuat saya harus memikirkan cara alternatif lain.
Hingga saya coba terapkan Formasi baru yaitu menambah atau menganti dengan PUPUk ORGANIk (petroganik)
Harga perkarung 30rb berat 50 kg. Lumayan ekonomis.
Komposisi adonan
100kg serbuk gergaji + 8 kg bekatul + 15 kg pupuk organik + 2 kg dolomiik.

Berikut vidio tutorialnya:
https://youtu.be/fIuLR56EoxQ

Hasil panen inshaallah jauh lebih baik.

Sebelumnya jangan lupa kunjungi juga chanel yutube saya agar anda juga bisa menonton vidio informasi seputar ilmu budidaya jamur. Tentunya lebih bermanfaat, terbaru dan inovatif
Berikut link yutube saya :
Emelki Motivator Ilegal

Wassalam

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri

Jangan Lupa Like & Share

Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
%d blogger menyukai ini: