Ciri-Ciri Dan Penyebab Jamur Gagal Panen

Modal awal budidaya Jamur tiram (simple trik) Selamat Pagi Gan, Master jamur serta pecinta jamur seindonesia.  Semakin hari peminat budidaya jamur konsumsi semakin menjamur sesuai dengan namanya. Kali ini Uda mau berbagi sedikit tentang ciri-ciri dan penyebab jamur gagal tumbuh.

Sebagai produsen baklog ataupun jamur pasti peenah mengalami yang namanya baklog gagal. Kegagalan itu bermacam penyebab, mulai dari bahan baku yang kurang layak, teknik yang belum pas. Serta faktor cuaca. Ok Gan kali ini saya akan membahas bebarapa penyebab baklog gagal panen. (Baklog yang sudah di inok atau pembibitan):

1. Kontaminasi/

Trichoderma spp

Kontaminasi jamur hijau

Kontaminasi pada baklog seperti ini bisa diartikan dengan tumbuh nya jamur liar pada bagian log yang mengakibatkan miselium jamur (tiram) mati, rusak atau tidak merambat. Ciri-cirinya baklog berwarna hitam atau warna hijau. 

Penyebab baklog kontaminasi ada berapa faktor lebih mengarah kepada kebersihan dan sterilsasi:

  • Sterilisai (pengukusan) kurang optimal.
  • Ruangan pembititan dan inkubasi kurang steril
  • Cara inok atau pembibitan yang tidak steril.
  • Faktor cuaca.


      Cara mengatasi masalah ini adalah dengan segera membuang media log jamur tiram yang telah terkontaminasi. Sedangkan pencegahannya dapat dilakukan dengan melakukan sterilisasi/desinfektasi tenaga kerja dan peralatan yang  baik.

      2. Oncom/ 

      Neurospora spp

      Ciri – ciri baklog oncom


      Neurospora 

      dapat menghambat pertumbuhan miselium dan tubuhbuah. 

      Neurospora menimbulkan tepung “orange” pada permukaan kapas penyumbat baglog. 

      Nama lain dari oncom atau buto orange atau neospra spp. Yang bentuknya sepeeti gumpalan cream warna orange. Oncon ini bersifat jamur farasit yang tumbuh dikayu . . Oncom membunuh miselium jamur tiram, jamur kuping dan jamur konsumsi lainnya. Ciri baklog terkena oncom adalah sebelum miselium jamur tirma penuh atau menyebar merata. Di tumbuhi oleh jamur parasit yang pewarna orange atau flek kuning / putih yang menghambat perambatan miselium jamur tiram. Penyebaran oncom melalui udara yang cepat merambat ke baklog disekitar.

      Faktor oenyebab Oncon.:

      • Tingkat keasaman/PH yang tinggi.
      • Peralatan serta media bahan baku yang tidak steril
      • Prose sterilisasi yang kurang matang.

      Pencegahan dilakukan dengan melakukan sterilisasi media baglog dengan sempurna dan mengurangi jumlah susunan baglog jamur tiram.


      3. Pak Kumis/ Mocur spp

      Kontaminasi Mucor ditandai dengan timbulnya noda hitam pada permukaan media baglog. Kontaminasi ini menyebabkan adanya persaingan pertumbuhan Mucordengan miselium jamur tiram. 

      Selain oncom jenis jamur parasit lain nya adalah pak kumis. Penyebabnya tidak jauh beda dengan oncom. hanya saja ciri dari pak kumis  berwarna hiltam yang biasanya tumbuh di bagian ujung plastik baklog, kertas penutup log  serta bagian lain baklog. Saya sebut namanya pak kumis karna tumbuh sperti kumis. Kalau tersentuh tangan  akan nempel ditangan.

      Pencegahan dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah susunan baglog jamur dan mengatur /menurunkan suhu ruangan dengan membuka dan mengatur sirkulasi udara.

      4. Guram

      Ciri-ciri baklog terserang gurem
      Gurem adalah salah satu penyebab Baklog jamur gagal produksi. Gurem dalam dunia penjamuran artinya terssrang hama sejenis kutu pada ayam (sebesar) tungau) akibat dari guram ini adalah meiseliim jamur mati karena dirusak dan di gerogoti Gurem.

      Fator Penyebab Gurem: media baklog yang kurang matang dan tidak steril. Bahan baku media seperti dedak atau jaggung yang sudah lama busuk. Lingkungan sekitar kumuh/dekat dengan kandang ternak.Pencegahan: sterilisasi media / baklog sampai matang, Guna media baklog yang baru.

      Adapun penyebab jamur gagal penan akibat miselium tidah merambat adalah faktor bibit yamg kurang bagus atai bibit mati setelah di inokulasi. Terima kasih semoga bermanfaat

      By: Melki

      News Reporter
      Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri

      1 thought on “Ciri-Ciri Dan Penyebab Jamur Gagal Panen

      Jangan Lupa Like & Share

      Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
      %d blogger menyukai ini: