Assalamualaikum wR.wB.
image
Sumber: Baglog serbuk kayu keras & bergetah.

Salam untuk seluruh petani Jamur di indonesia semoga dalam sehat dan semakin sukses Amin. Tidak bosan-bosannya kami berupaya untuk selalu berbagi informasi seputar teknologi jamur. Berkat partisipasi para sahabat semualah yang menumbuhkan semangat kami untk memberikan  pelayanan informasi.

Dalam beberapa hari ini cukup banyak ya, para sabahat yang bertanya inbox ke akun facebook atau WA langsung mengenai “Jenis serbuk gergaji apa saja yang baik dan layak untuk dijadikan media Baglog Jamur Tiram? Dan masih banyak pertanyaan atau sharing seputar jamur, selagi saya bisa jawab selalu saya jawab seadanya dan sebisa saya. Suatu kepuasan dari  Alhamdllh sudah cukup banyak pertanyaan dari sabahat melalui akun saya yang bisa saya jawab. Serta tidak jarang juga sahabat yang pemula atau bahkan baru ingin memulai, alhamdulillah luar biasa mereaka sudah bisa produksi secara mandiri.

Inshaallah pada postingan kali ini saya akan sedikit mengupas materi tentang “Serbuk Geraji Yang Baik dan Layak Untuk Mendia Baglog” . Sesuai dengan pengalaman saya pribadi, bagi saya tidak terlalu memilah-milah masalah jenis kayu. Bahkan sampai saat ini saya tidak mengenal yang namanya Kayu sangon dan jarang pula menemui kayu karet. Karena disini pada umumnya kami petani jamur memakai semua jenis kayu hutan, tentu saya jenis kayunya berbeda-beda. Jadi bagi saya semua jenis kayu bisa dipakai untuk media Baglog kecuali kayu kelapa karena sampe saat ini saya belom berani pakai serbuk gergaji pohon kelapa.

1. Serbuk kayu Lunak & serbuk kayu keras>> Bagi saya apakah serbuk gergaji lunak atau keras semuanya bisa dijadikan media Baglog dan keberhasilan atara kedua jenis ini pun sama-sama 90-99% berhasil. Namun cara penangan kayu lunak denga kayu keras sedikit saya bedakan.

A. Kayu Lunak (softwood): bayanya warna serbuk gergajian bewarna kuning . Teksturnya yang lunak dan ringan serta proses pelapukan lebih capat,  memiliki kepadatan rendah dan umumnya berwarna terang. Walau disebut kayu lunak, kayu ini tidak selalu lebih lembut dari kayu keras. Aplikasi dari kayu lunak: komponen bangunan, mebel dan produk lainnya seperti pintu dan jendela. Jenis-jenis pohon kayu lunak adalah pinus, cemara, pohon cedar, cemara fir, larch, cemara . Jenis kayu lunak sangat cocok untuk media Baglog.

B. Kayu keras (hardwood): memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibanding kayu lunak. Kayu keras digunakan untuk konstruksi dan bahan lantai. Contoh jenis kayu keras: mahoni, jati, walnut, oak, ash, elm, aspen, birch.  Dan jenis kayu ini bisa dijadikan media Baglog.

C. Kayu Bergetah:  semua pohon yang ditebang dan dipotong lasti bergetah. Tetapi ada jenis kayu yang getahnya berlebihan sehingga getah untuk kering membutuhkan waktu permnetasi yang cukup lama. Kayu bergetah yang seperti inilah yang membuat para produsen jamur sedikit takut untuk menjadikannya media baglog dengan alasan getah sulit kering dan mengancam penghabatan miselium.

“Tips Mengelolah Jenis kayu Keras dan jenis kayu bergatah untuk dijadikan media Baglog:

1 Untuk kayu keras:
>>Lakukan pengomposan sedikit lebih lama minimal 48 jam stelah pencampuran media baklog
>>Atau lakukan pengomposan secara alami dengan cara membiarkan serbuk kayu tersebuk terkena hujan & matahari minimal 1 minggu.
>>Adonan media baglog jangan terlalu basah atau  takaran airnya lebih sedikit dengan adonam dengan menggunakan serbuk kayu lunak.

2. Serbuk Kayu Bergetah:
>>Juga lakukan pengomposan secar alami dengan membirkan terkena hujan dan matahari minimal 2 minggu sehingga getahnya keriang atau mengendap.
>>Lakukan pengomposan minimal 24 jam setelah pengadukan adonan. Dengan sedikit mengurangi takaran air tapi adonan jangan terlalu kering.
>>Komposisi Adonan kayu bergetah saya rekomendasikan adalah100 kg (serbuk) : 20 kg (bekatul) : 2-3 kg (kapur)

Demikianlah semoga bermanfaat wassalam.

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri

Jangan Lupa Like & Share

Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
%d blogger menyukai ini: