Kesalahan membudidayakan jamur tiram

Memang benar adanya jika membudidayakan jamur tiram mendatangkan hasil yang sangat besar namun tidak sedikit pula yang mengalami kegagalan panen hal tersebut dikarenakan metode & faktor membudidayakan jamur yang kurang baik atau  dengan kata lain ada kesalahan teknis pembudidayaan.

Pengalaman saja tidaklah cukup untuk terhindar dari kesalahan pembudidayaan. Salah satu kunci sukses membudidayakan jamur tiram tidak lain adalah ketelitian, sterilisasi, serta kecermatan yang matang. Oleh karenanya bagi pemula maupun yang sudah pengalaman alangkah baiknya jika memerhatikan faktor penyebab kesalahan pembudidayaan jamur tiram diantaranya sebagai berikut:

  1. Peralatan yang kurang stabil

Jika anda seorang yang ahli ilmu pengetahuan alam anda tidak akan memungkiri bahwa jamur tiram rentan terhadap kontaminasi yang biasanya disebabkan oleh mikroba dan jamur. Oleh karenanya sterilisasi menjadi salah satu kunci sukses dalam budidaya jamur tiram agar terhindar dari gangguan bakteri serta virus.

  1. Baglog tidak steril

Langkah penting dalam pembudidayaan jamur tiram adalah mensterilkan baglog dengan cara dipanaskan atau dimasak. Tahap penting ini kerap diabaikan oleh pembudidaya dikarenakan prosesnya yang memakan biaya tidak sedikit serta waktu yang lumayan lama.

Walaupun demikian jika tahap ini tidak dilakukan dengan serius maka menyebabkan kesalahan fatal, dimana jamur tiram akan mengalami penyakit dan kerusakan

  1. Bahan tidak berkualitas

Untuk menghindari kesalahan atau kerusakan membudidayakan jamur tiram anda harus pintar-pintar dalam memilih bahan yang akan dijadikan media tanam, serbuk gergaji jerami dan berkatul sebagai media tanam harus baru sebab bahan masih baru memiliki kualitas lebih baik dibandingkan yang sudah lama.

4.Rumah tempat jamur becek

Seperti yang sudah saya bahas di atas bahwa kecermatan dan ketelitian serta sterilisasi harus diperhatikan dengan serius, pasalnya memang benar jika jamur tiram membutuhkan lingkungan yang sejuk serta lembab, namun apabila tempat jamur tersebut becek atau tergenang air yang dipicu oleh kelebihan dalam menyiram juga merupakan kesalahan fatal, hal tersebut dapat memicu timbulnya jamur jenis lain yang justru dapat menyerang jamur tiram.

5.Tidak tepat dalam memanen

Memanen jamur tiram juga merupakan tahap pembudidayaan, oleh sebab itu maka sebaiknya anda perlu berhati-hati dalam memanen supaya bibit generasi baru jamur tiram tidak ada kendala dalam pertumbuhannya. Kesalahan memanen tersebut biasanya membiarkan sisa akar tanaman membusuk dalam media, sehingga menghambat pertumbuhan generasi selanjutnya.

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri
Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
%d blogger menyukai ini: