image

Assalamualaikum Wr wB.
Selamat sore para petani jamur. Semoga kita selalu kuat dan tetap semangat dalamn berusaha ya. Amin Ya Rabb. Mumpung disinu lagi hujan deras, karena dalam beberapa minggu ini di sekitaran kota Padang Sunatera  Barat musim hujan. Yaaaaaa. Apakah musim ini merupakan bertanda keberuntunagan atau bahkan cobaan bagi petani jamur. Hehehe. Kalau saat ini saya pribadi sedang dilanda cobaan dalam saat musim hujan ini.  Karena log saya hampir semuanya berulat, kumbang dan senut. Sudah saya coba lakukan penyemprotan dengan air bawang putih namum tidak mampan, mungkin karena iklim dsini sedang berpihak denga hama sejenis itu. Padahal kumbung dalam keadaan bersih dan tidak ada kecoak.
Hampir dua minggu saya tidak panen .gara- jamur busuk dan berulat. Akhirannya saya ambil jalan terakhir yaitu memotong peemukaan log. Tidak hanya itu kondisi cuaca yang musim hujan juga sdikit berdampak begatif pasa baglog masa inkubasi. Tapi hal ini wajar bagi saya dan ini jangan sampai membuat kita opatah semangat. Nah… jadi apakah musim hujan adalah musim yang ditunggu – tunggu oleh petani jamur?? Jawabannya BETUL.
Dan Apakah musim hujan adalah moment dimana petani menjadi repot dan berpotensi merugi??
Jawabannya BETUL😁😁

Terus kapan saat petani mulai mendapatkan keuntungannya??
JAWABAN  DARI SAYA, YA KAPAN SAJA, KALAU ALLAH TELAH MELIMPAHKAN REZKY PADAMU KITA.

Mungkin pada kesempatan kali ini saya akan sedikt berbagi pengalaman tentang dunia jamur. Seputar keuntunga dan kerugian petani jamur saat musim hujan.

A.KEUNTUNGAN
– — Sesuai dengan habitat aslinya, jamur tumbuh pada kondiai yang lembab dan beriklim tropis. Jadi musim hujan adalah salah satu keuntungan bagi petani jamur, karena standar kelembaban kumbung jamur akan lebih tercapai. Sehingga petani jamur tidak terlalu repot lagi dalam pengkabutan ruangan. Musin seperti tidak merupakan musim yang ditunggu tunggu oleh para petani yang berada di wilayah dataran rendah atau panas. Biasanya pada musim hujan pertumbuhan jamur jauh lebih meningkat dari hari – hari biasa.
Biar harapan anda lebih tercapai lagi saat memburu keuntungan dalm meningkatkan hasil panen saat musim hujan, ada beberapa hal yang perlu anda antispasi. Sebagai berikut:

1. Pada musim hujan usahakan log dalam masa panen. Bukan dalam masa pertumbuhan atau inokulasi.

2. Meskipun musim hujan adalah musim jamur, namun anda harus sedikit repot dalam menjaga kumbung baik itu kebersihan ruangan ataupun kebersihan baglog.

3. Pada musin hujan kurangi penyiraman atau pengkabutan agar ruangan tidak terlalu lembab.

4. Biasanya pada musim hujan jamur lebih rajin untuk tumbuh. Oleh sebab itu. Kontrol pertumvuhan jamur secara teratur jangan biarkan jamur terlambab paneen. Karena pada masa ini jamur akan caper basah dan busuk.

B. KERUGIAN
seerti yang saya jelaskan diatas. Kadang kala musim hujan adalah musibah bagi petani jamur. Tak jarang musin menjadi masa kerugian bagi petani. Sedikit banyaknya kerugian yang kita alami karena kelalaian atau kurangnya kontrol dan antispasi kita dalam menghadi setiap musim.  Berikut penyebab kerugian yang mungkin terjadi pada kita  saat musim hujan.

1. Baglog hampir 100% terserang hama dan hujan sehingga pertumbuhan jamur yang rusak atau busuk. Pada musim ini, hama yang mudah berkembang adalah, rengit (sejenis nyamuk) , kumbung kecil, ulat larva (ulat sayur) dan semut. Smua itu terkadang snagat sulit diatasi karna perkembang biakan nya sangatlag cepat pada musim hujan. Ditambah lagi baglog tidak dirawat dibersihkan permukaannya bahkan membiarkan jamur membusuk pada baglog. Itu adalah awql dari malapetaka bagi kita.

2. Baglog yang dalam masa inkubasi atau pertumbuhan miselium. Lebuh cendrung beresiki gagal / kontaminasi saat musim hujan. Karena tabiatnya masa inkubasi lebih suka dengan kondisi yang suhu agak tinggi atau sedikit panas.
Sedikit tips dari saya untuk mengantispasi masa inkubasi pada saat  musim hujan agar baglog tidak gagal.
– ciptakan ruang inkubasi agar tetap sbatil kepanasannya nya. Antara 29-31’C.
Dengan cara dinding di dtutup rapat atau menyelimuti baglog dengan terpal agar tetap hangat.
-kurangi kandungan air adonan baglog saya pencampuran. Agar baglog tidak beresiko busuk.

3. Karena pada musin hujan jamur banyak yang tumbuh,seringkali harga jamur anjlok dan kualitas kurang baik.

Demikianlah yang dapat saya bagikan semogat bermanfaat. Silahkan berkomentar jika ada saran dan kritikan.
Wassalam

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri
Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
%d blogger menyukai ini: