image

Saat ini jumlah petani jamur tiram semakin luas,dan kebutuhan pasar akan jamur tiram juga semakin tinggi, sehingga membuat orang-orang berlomba – lomba mengembangkan bisnis usaha ini, mulai dari pengembangan teknologi, SDM, ataupun fasilitas penunjang lainnya. Untung pengembangkan usaha bisnis jamur tiram ini,salah satunya memperluas bangunan kumbung jamur.

Pengertian Kumbung:

‘Kumbung adalah ruangan panen atau sering juga disebut dengan rumah jamur yangmana Langkah terakhir setelah baklog yang maselium jamur nya sudah 100% yang siap untuk tumbuh dan putih yang disimpan di dalam ruang Inkubasi (penyimpan)secra optimal. Pindah Baklog tersebut ke ruangan Kumbung (ruang Panen)’

Disaat Baklog sudah Pindah Kekumbung ataau Ruangan Panen, Ketika itulah para petani jamur akan mulai riang dan bahagia karena pundi-puni uang nya akan bermunculan. Maka dari itu tidak hanya kualitas bibit / baglog yang baik, namum persiapan kumbung sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan yang berdampak pada hasil panen.“Salah satu yang membuat saya sangat tertarik bisnis budidaya janur tiram ini adalah karena biaya dan modal awalnya tidak menguras kantong seperti bisnis / usaha lainnya yang membutuhkan modal yang relatif besar. Sebagaimana ulasan pengalaman pribadi saya sebelumnya terntang Modal AwalMemulai Bisnis Usaha Jmaur TIram.

Banyak para sobat yang bertanya berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat kumbung kapasitas 1000-2000 baglog? dan seperti apa kumbung yang ideal? baik berbagi pengalaman ya. Saya membuat kumbung hanya dengan modal 2,5 juta untuk kapasitas 5000 -7000 baglog. Yaaa karena saya keterbatasan biaya makanya saya gunakan bahan yang sesederhana mungkin tapi tetap sesuai jalur. Kumbung jamur tidak perlu bangunan yang mewah, megah ataupun berkelas tinggi asalkan sesuai dengan habitat asli jamur untuk tumbuh itu sudah lebih dari cukup. Berikuit spesifikasi kumbung jamur yang baik dan ideal:

  1. LIngkungan sekitar yang sejuk: Usahakan kumbung dibangun disekitan lingkungan yang sejuk seperti: di daerah tropis, dingin, daerah yang kelembaban yang cukup tinggi, ataupun diperkebunan di pepohonannya rindang.
  2. Lingkungan yang bersih:  Bangunan kumbung jauh dari area kotor, tercemar, Seperti : kadang ternak, pabrik tekstil yang akan menimbulkan lingkuangan yang tidakhigienis dan tidak steril.
  3. Banguna Kumbung yang Ideal: Memiliki sirkulasiudara yang cukup (pentilasi) agar suhu dalam ruangan tidak pengap atau panas. ruamgan terhindar dari cahaya matahari langsung, pencahayaan dalam ruangan sedikit lebih gelapa atau remang – remang.

Tips Kumbung Yang Ideal , sederhana Serta Biaya Murah:

Berikut ini rincian Biaya bangunan Kumbung saya ukuran 10×4 meter  tinggi 4 meter dengan Kapasitas +5000-7000 baglog dengan biaya yang dibutuhkan 2,5 juta.

  • Tonggak : Saya pakai tonggak kayu bulat dan bambu dengan biaya kiasaran 500rb
  • Atap: Saya gunkan  atap terpal biaya sekitar 500rb, kebetulan kumbung saya dikelilingi areal pepohonan yang rindang jadi tidak terlalu panas. Sobat juga bisa melapisi atap terpal dengan hilalang atau jeramih.
  • Dinding: Dinding kumbung saya jadikan 3 kodi karung goni bekas biaya kurang darfi 500rb. Sekelilingmya,menurut saya karung goni ini akan memberikan sirkulasi udara yang sangat baik serta ruangan akan lebih sejuk,
  • Rak-Rak: Raknya saya guna bambu dan  kayu ukuran 3x5cm biaya -700rb . Tingga Rak 2,5 Meter dengan rak 5 tingkat
  • Paku dan lain- lain 250rb

demikianlah sedikit rincian biaya kumbung dari sya,sobat bisa menyesuaikan dengan biaya yang sobat butuhkan. Sobat tetap masih bisamengurangi pengeluaran sengancara mengganti bahan yang lebih murah, seperti kayu diganti dengan bambu. terima kasih semoga bermanfaat wassalam.

Baca juga : https://manusiaistimewa.com/cara-mudah-memulai-bisnis-jamur-tiram-dengan-membeli-baglog/

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri
Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
%d blogger menyukai ini: