image

Seiring perkembangan jamur tiram semakin hari semakin melejit, baik dari Keuntungab secara finansial, peminat maupun pembudidaya banyak yang bertanya apa saja sih manfaat jamur tiram untuk kesehatan?

Sebelum mengetahui manfaat jamur tiram untuk kesehatan alangkah baiknya terlebih dahulu tahu seperti apa sih jamur tiram? Jamur tiram biasanya memiliki warna putih , pink, coklat, kuning terkadang warna krim dan memiliki tekstur yang lembut walaupun seperti cangkang tiram. Sebenarnya maaih banyak lagi jenis jenis jamur yang layak  dikonsumsi seperti jamur kuping, jamur kancing, jamur shitake dan jamur yangnya pada post CIRI – CIRI JAMUR YANG LAYAK KONSUMSI

Mengenal Manfaat Jamur Tiram Untuk Tubuh

Kandungan nutrisi yang sangat banyak di dalamnya membuat tumbuhan ini semakin populer baik dikonsumsi maupun dibudidayakan kandungan nutrisi diantaranya adalah vitamin B1, D2, c, lemak tak jenuh, protein dan mineral, serta asam amino yang terdiri dari lisin,Fenilalanin,isoleusin,valin,triptofan,lisin,threonin,leusin, metinin.

Dan Berikut ini merupakan manfaat jamur tiram bagi kesehatan tubuh di antaranya:

  1. Membantu perkembangan janin

Siapa yang menyangka bahwa jamur tiram memiliki manfaat baik terhadap ibu yang sedang hamil, alasannya adalah jamur tiram memiliki nutrisi untuk meningkatkan oksigen serta sel darah merah sang ibu sehingga membantu pertumbuhan janin dengan asupan gizi nya terpenuhi.

  1. Menangkal radikal bebas

Seperti yang saya Sebutkan sebelumnya bahwa kandungan vitamin B,C, dan D2 mampu menjadi antioksidan yang sangat kuat sehingga dapat menangkal radikal bebas yang 1 saja kurang baik terhadap kesehatan.

  1. Protein bagi tubuh

Tidak bisa dipungkiri bahwa tubuh sangat butuh terhadap protein oleh karenanya dengan mengkonsumsi jamur tiram setidaknya dua kali dalam seminggu kebutuhan tubuh akan protein akan tetap terpenuhi dengan baik, peneliti menemukan bahwa jamur tiram memiliki protein yang lebih banyak dibandingkan protein yang ada pada susu sapi.

  1. Menurunkan tekanan darah

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi alangkah baiknya jika mengkonsumsi jamur tiram sebab kandungan zat ergosterol membantu vitamin D memaksimalkan kinerja nya, hal ini dapat menstabilkan tekanan darah.

  1. Mencerdaskan otak

Lengkapnya nutrisi yang terdapat dalam jamur tiram dipercaya mampu meningkatkan kualitas sel-sel otak menjadi lebih maksimal terlebih dikonsumsi oleh anak-anak.

     6. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan kebaikan pada Jamur kaya akan antioksidan yang membersihkan tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas yang ada dalam tubuh berpotensi menyebabkan penyakit kronis seperti kanker da tunor Beta-glukan pada jamur juga digunakan sebagai salah satu perawatan kemoterapi atau terapi radiasi.

Walaupun tidak membunuh sel kanker, beta-glukan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, beta-glukan juga mengatasi efek samping mual akibat kemoterapi atau terapi radiasi.

Kemudian, lima studi yang menganalisis 650 pasien kanker lambung yang menggunakan lentinan (salah satu kandungan pada jamur) saat kemoterapi menemukan bahwa lentinan meningkatkan kesehatan mereka. Vitamin D pada jamur juga terbukti mencegah pertumbuhan sel kanker dan folat pada jamur juga berperan penting dalam sintesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah terbentuknya sel kanker dari mutasi DNA.  ‘sumber; hellosehat.com

Adapun manfaat lain yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan tubuh lainnya adalah:

  • Pelancar sirkulasi darah
  • Cadangan energi
  • Meminimalisir pertumbuhan tumor
  • Mencegah pertumbuhan kutil
  • Penurun kolesterol
  • Antimikroba
  • Menyehatkan jaringan hati
  • Membakar lemak
  • Dan lain-lain

Adapun cara mengkonsumsinya dapat dijadikan jus yang diselipkan pada buah lainnya, pepes, tumisan, dadar jamur tiram, bakwan jamur, nuget, krispy jamur, Resep Rendang Jamur Khas Padang dan lain-lain.

Semoga bermanfaat

 

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri
Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
%d blogger menyukai ini: