Budidaya jamut tiram tidak serumit yang anda fikirkan.

Banyak sekali pertanyaan yang muncul dari mereka yang penasaran atau sekedar tau, bahkan memang sedang ingin mencari informasi seputar Budidaya Jamur Tiram. pertanyaan bervariasi seperti: 

  • Untuk memulai usaha berapa modal awal di harus dipersiapkan Pak?πŸ˜€.
  • Untungnya gimana? Besat nggak Pak?πŸ˜€.
  • Terus kalau saya sudah produksi banyak jaul kemana?
  • Laku nggak? Blaaa blaaa.

Sebagai salah seorang petani jamur tiram pemula, membuat saya sedikit geli, binggung bahkan geleng – geleng kepala untuk bagaimana cara menjawab pertanyaan yang tepat dan tidak menyinggung satu sama lain bahkan jangan jawaban saya dianggap lebayy.. hehhe. 

 Baik para master mudah-mudahan opini dari saya ini dapat sedikit menjadi referensi untuk teman-teman yang ingin memulai usaha:


  • Untuk memulai usaha berapa modal awal di harus dipersiapkan?

Untuk persiapan modal dalam dunia jamur jangan terlalu dikwatirkan karena memulai usaha (relatif) bisa disesuaikan dengan kantong kita. Apakah itu hanya dengan modal 2-5 juta atau puluhan juta sekalipun, anda tetap bisa menjalani. Namun mereka yang mempersiapkan modal yang lebih besar tentu akan besar juga rule bisnisnya debanding mereka yang  modalnya lebih sedikit. Untuk perhitungan modal tergantung  anda arahnya mau kemana?

Dalam usaha Jamur tiram, ada 2 cara:

  1. Memulai usaha dari nol yaitu mempersiapkan segala peralatan, tempat, fasilitas, bahan2 proses pembuatan yang menang smuanya dimulai dari pertama.

Cara 1: Mmang butuh modah lumayan besar karena semua dinulai dari awal. Seperti : Pembangunan rumah jamur (kumbung), ruangan pembibita (inkubasi, oven pengukusan (drum), ruangan produksi serta alat- pendukung lainnya. “Saya memulai dari nol dengan fasilitas yang sangat sederhana yang cukup memadai alhamdllah lancar, kalau modal saya? Hhhmm anda bayangjan saja saya waktu itu baru tamat kuliah, belum bekerja (serabutan) dan modal dari orang tua tidak ada.πŸ˜πŸ˜…

2Memulai usaha dengan membeli polibet (baglog) yg sudah jadi

Cara 2: Memulai usaha dengan membeli polibet (baglog) yg sudah jadi yaitu Bapak tinggal membeli baglok yg sudah jadi , tinggal mempersiapjan rumah / kumbung jamur saja, dan bapak tinggal nunggu panen saja. Anda tinggak mempersiapkan kumbung rumah jamur saja. Harga Baklog (polibet) bervariasi mulai dari Rp 2.000- Rp 5.000 per buah. Bisasa harga satuan seimbang dengar harga jual jamur segar di daerah tersebut.Sedikit bocoran:  1 buah baklig = 3.000 menghsil kan jamur segar 5 – 7 ons , harga jamur  segar = Rp 15.000 per kg. Asumsinya= 7×1500-4000=Rp 6.500 jadi itulah yang kita oeroleh dalam waktu 4-6 bulan. Itulah sebab nya orang lbih tertarik membeli Baklog dalam jumlah ribuan buah karena lebih keliatan perputaran money serta effesiensi waktu.

  • Untungnya Gima Besar tidak? 

Jawaban yang tepat dari saya, kalau saudara ingin memulai segala apapun usaha, dan mengaharapkan untung yang besar, tampa mau menerima resiko kΓ¨gagalan GAK USAH JADI WIRASWASTA. Setiap usaha yang dijalani pasti ada resiko kegagalan dan kerugian. Coba anda tanya ke semua pelaku usaha apakah mereka peranh gagal/rugi? 99% jawabannya Pernah. Tidak tertutup kemungkinan pada pelaku usaha Jamur, master sekalipin tetap ngalami kegagalan. ” saya memulai usaha sejak 2014 sampai sekarang masih sering gagal kok, tapi alhamdulillah tetap membara dikarenakan sejuah ini kerugian yang saya alami selalu mampu di tutupi oleh keuntungan yang peroleh. Bocoran dari saya: Resiko kerugian dalam usaha jamur tiram cukup rendah, karena serugi-rugi nya anda, Setidaknya modal kembali. 

  • Terus kalau saya sudah.produksi banyak jaul kemana?Laku nggak? Blaaa blaaa

Nah pertanyaan ini nih paling bikin saya geli. Anda masih sibuk dan bingung masalah pemasaran, sementara mereka diluar sana sudah bergerak meninggalkan anda. zaman now Jika anda selalu galau masalah pemasaran, berarti jiwa bisnis dan marketing anda perlu diperdalam lagi. Berbeda dari 10 atau 20 tahun yag lalu wajah kalau anda cemas dan berfikir keras masalah pemasaran jamur ini, karena masyrakat umum benar belom tau saat itu. Nah sekarang anda tinggal menari-nari diatas perjuang master terdahulu, toh jamur sudah membuming kok. Tinggal cara anda mengatur strategi pemasaran saja lagi. Jamur sudah salah satu kebutuh sayuran konsumsi bagi masyrakat dan jamur sudah menjadi salaah satu varian olahan kuliner yang digemari. Jika anda mahir dalam berinovasi, atrategi promosi, marketing yang handal. Semua nya bisa anda jadikan pundi-pundi uang. 


Baik, cukup sekain dulu gan, master dan saudara semua. Semoga bermanfaat. Ingatt jika anda. Sudah berniat, berusaha, berdoa,sabar, dan tekun.  Usaha tidak pernah mengecawakn hasil.

Silahkan jika agan setuju dengan ulasan saya ini, saya akan lanjut ke ulasan tahap selanjutnya. Kalau tidak ya………. saya tetap lanjut kok. Hehhe  .Semoga bermanfaat wassalam.

#like & share.

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri

2 thoughts on “Modal Awal Memulai Usaha Budidaya Jamur Tiram (Simple Trik)

Jangan Lupa Like & Share

Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
%d blogger menyukai ini: