Assalamualaiku Wr. Wb, Salam sukses selalu untuk para master petani jamur di Indonesia semoga sehat selalu dan usaha semakin lancar, Amin. Sebagai pelaku bisnis budidaya jamur tiram tentunya banyak hal sudah kita lalui baik itu menemukan kesulitan dalam berproses ataupun menemukan masalah serta kendala dalam kondisi tertentu. Itu sih sudah biasa dalam dunia jamur,tapi saya yakin sobat juga pernah atau bahkan lebih sering menendapatkan keuntungan ataupun manfaat dari budidaya jamur tiram ini.
Yakinlah semua usaha ada resiko yang musti dihadapi,tergantung bagaimana kita mendalami serta meminimalisir kelemahan / kelebahaan setiapusaha yang digeluti. Baik, baru-baru ini banyak sekali pertanyaan yang dikemukakan oleh sehabat petani jamue dariberbagi daerah melalui akun fecabook, whatsapp dan akun sosial media lainnya tentang masalah yang dialami terkait penyebab Baglog gagaal dan bagaimana mengatasi atau meminimalkisir kegagalan tersebut. Sebelumsaya coba menjawab sesuai pengalaman, sedikit pencerahan buat sobat agar tetap semangat dan tidak putus asa dalamn berusaha yang mana yakinlah semua pelaku bahkan master didunia jamur sekali pasti mengalami yang namanya Baglog gagal, namun tingkat kegagalan bervariasi. Dapat disimpulkan Baglog yang gagal tumbuh adalah bagian dari seleksi alam yang dialami oleh semua makhluk hidup,asalkan sobat jangan terlalu over gagal heheh..Hampir satu tahun lebih saya sering mengalami Baglog gagal,selama itu saya coba untuk mengamati,mempelajari penyabab kegagalan dan terus mencari cara bagaimana mengatasinya.

Dari pengalaman ini mungkin saya sedikit berbagi yaaa, mudah-mudahan bermanfaat. Pada tulisan sebelum tentang Ciri-ciri Dan Penyebab Jamur Gagal Panen. Yang memaparkan tentang penyebab jamur gagal panen yang lebih mengarah ke faktor lingkungan atau kontaminasi jamur liar, Kali ini saya akan membahas  tentang penyebab Baglog gagal dan bagaimana cara  mengatasinya

Baglog gagal karena penyebabnya berbagai faktor.
“Baglog Gagal: Adalah kategori kegagalan tertinggi yang dialami oleh petani jamur,karena apabiala baglog gagal tumbuh itu sama saja menanam biji jagung tapi jagungnya tidak tumbuh. Kalau kita tidak menyikapi hal ini dengan lapang dada apalagi kegagalan dalamskla besar bisa-bisa mengundang frustasi tinggi heheh. Bagi sobat yang sudah pernah terlanjur mengalami hal seprti ini alngkah lebih baik kita terus mendalami sebag akibat problema yang dihadapi”

Penyebab Baglog Gagal:

  1. Proses tidak sesuai Standard Operating procedur (SOP):  Hal ini terkadang kita anggap sepele saja padahalsangat lah penting dalam persentase keberhasihasilan terkadang lalai bahkan nakal dalam menerepkan SOP atau tidak sesuai dengan prosedur proses, seperti: Komposisi dibawah standar, proses pengomposan yang tidak sesuai,durasi stematau pengukusan seenaknya saja heheh.. Gimana sobb? ngerasa nggak.. Sekedar info SOP YANG SAAT INI SAYA TERAPKAN , Komposisi adonan 100:20:2, pengomposan 24 jam,pengukusan minimal 8 jam. ALHAMDULILLAH SEKARANG SUDAH MINIM RESIKO KEGAGALAN.

  2.  Faktor Bahan Baku: Kalau proses sudah kita jalankan sesuai SOP, tapi mengapa tingkat kegagalan log tetap tinggi?. mungkin sobat perlu memperhati kualitas bahan baku, contor serbuk gergaji, Saya pribadi memakai serbuk gergaji dari somel kayu. tentu banyak sekali jenis hutan yang tercampu yangmana kadang-kadang ada serak kayu yang keras atau getah yang banyak sehinga media tidak cocok untuk pertumbuhan jamur.

Mengatsi Kegagalan Baglog: Jika sudah menerap langkah proses yang ditas dengan cermat saya optimis kegagalan yang sobat alami selama ini akan lebih teratasi

  • Melakukan sesuai SOP adalah syarat utama dalam berproses, anda boleh saja bereksperiment tapi lebih baik dalamsakla kecil, karena resikonya tidak melakukan sesuai SOP dapat mencapai 80-100% gagal.

  • Contoh adonan baglog yang dikurang menyebabkan nutrisi berkurang sehingga hasil panen jamur tidak sesuai. Adonam yang komposisnya terlalu banyak tambahan malah membuat kita mengalami kerugian,
  • Contoh lani: Mengurangi durasi stem membuat log tidak berhasil secara maksimal, log yang stemnya kurang matang cendrung miselium berheti mati ditengah jalan, miselium tidak merata. kalau hal ini terjadi cara yang dapat sobat lakukan untukm mengatsinya adalah mendaur ulang log tersebut atau membiarkanya hingga jamur tumbuh secara tidak naksimal.
  • Pilihlah bahan Baku yang baik: Bila perlu anda pilihlah baku yang baik dan berkualitas sperti serbuk kayu yang sejenis diataranya: kayu mahoni, surian,sangon,karet, dan kayu luank lainnya. jika sobat mendapatkan jenis kayu yang bercampur hindari kayu keras seperti kelapa. Hindari serbuk gergaji yang tercampur oli atau minyak.

  • Tips untuk kayu mengandung banyak getah simpan atau keringkan beberapa minggu sebelum dipakai. Jangan gunakan bekatul atau dedak yang sudah tidak layak pakai atau usang dan berkutu.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, mudah-mudahan artikel ini dapat mengidentifikasi kegagalan yang sobat alami apakah memang murni dari resiko alami atau kelalai, Selamat berjuang, dan jangan lupa terus berkarya, berinovasi di dunia penjamuran. wassalam

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri

Jangan Lupa Like & Share

Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
%d blogger menyukai ini: