image

Masa fruiting atau pertumbuhan jamur Tiram  ataupun jamur konsumsi lainnya, membutuhkan kondisi lingkungan yang lembab dan sejuk agar jamur tumbuh secara maksimal. Bagi para petani jamur, kumbung adalah bangunan atau pondok atau ruangan untuk tempat panen. Berbagai macan cara dan teknik yang dilakukan petani supaya kondisi kumbung sesuai dengan habitat aslinya jamur untuk tumbuh. Diantaranya sebagai berikut:
1. Bangunan kumbung terbuat dari bahan yang baik untuk serkukasi udara dalam ruangan. Contohnya: dinding kumbung dari anyaman bambu, anyaman daun kelapa, atapnya dari jermi ataupun asbes. Hal ini dilakukan supaya kondisi dalam ruangan lebih sejuk dan lembab.

2. Trik laimnya agar ruangan kumbung sejuk dan pas untuk pertumbuhan adalah dengan melakukan pengkabutan atau penyiram air dalam ruangan kumbung. Melalakukan pengkabutan ini sangat efektif untuk menstabilkan auhu dalam ruangan.

melakukan metode diaatas bertujuan untuk mencapai hasil jamur yang lebih baik. Namun masih banyak lagi yang perlu diperhatikan agar anda tidak keteteran dalam menjaga kualitas jamur yang baik. Jamur tiram, merupakan sayuran muda yang tidak bisa tahan lama kesegarannya kerana bersifat sayuran basah. Oleh karena itu menjaga kesegaran jamur itu penting. Deng cara menjaga kadar air serta kebersihannya.
Salah satu penurunan kualitas jamur adalah kandungan kadar air yang yerlalu tinggi pada jamur membuat jamur cepat busuk atau tidak bagus.

PENYEBAB JAMUR CEPAT BUSUK DAN BASAH:

1. Faktor Cuaca
Faktor cuaca sangat berpengaruh terhadap perkembangan jamur. Pada musim kemarau jamur cendrung kering dan cepat layuh. Rata2 suhu dalam kumbung mencaoai lebih dari 30″C sehingga jamur enggan untuk tumbuh.

Kebalikannya,pada musim hujan pertumbyhan jamur lebih meningkat namun jika tidak dilakukan penanganan serta pserawatan khusus jamur akan mudah terserang ulat dan mengandung kadar air yang berlebihan.

2. Kualitas Baklog
Sering juga kita mendapati pertimbuhan jamur yang tidak normal seperti: menguning,  phin had mati saat tunas masih kecil. Salah satu penyebnya adalah dari log itu sendiri. Nutrisi baglog yang tidak pas atau tidak sesuai terutama baklog yang kandungan air teelalu banyak, ditambah lagi  kualitas media yang kuranf baik sering menuebabkan perkembang biakan larva/ulat. Meskipun sudah dilakukan proses sterilisasi sekalipun.

3. Perawatan Yang Kurang
Seperti halnya makhluk hidup lainnya, jamur juga butuh diperhatikan. Baik itu makanan/nutrisinya ataupun perawatannya. Kumbung tidak terjaga kebersihannya, pasti akan lebih mudah terserang hama ulat yang membuat pertumbuhan jamur terganggu dan rusak.

CARA MENGATASI JAMUR SUPAYA TIDAK CEPAT BUSUK DAN BASAH:

1. Teknik Penyiraman:
Lakuakan penyiramn yang terstrutur dan teratur.
– Pada saat musim kemarau atau pada daerah yang suhunya cukup panas, melakukan pengkabutan atau penyiraman 2 – 3 kali sehari. Pagi siang dan sore. Perhatikan jika kondisi suhu ruangan masih tinggi lakukan pengkabutan lebih dari biasanya. Bukan jendela pada pagi dan malam selama 1 jam agar sirkulasi udara bertukar.

– jika pada saat cuaca musin hujan, kita justru lebih menjaga kelembaban ruangan kumbung jangan sampai terlalu lembab bahkan basah.
Kurangi pengkabutan atau kalau memungkinkan hentikan pengkabutan atau penyiraman selama musim hujan agar kadar air pada jamur tidak banyak.
Buka jendela pada saat siang hari/ terang selama 1 jam. Dan tutup jendela atau pentilasi ruangan kumbung saat hujan turun.

2 Menjaga Kualitas Baklog
Adonan baklog yang pas dan sesuai mempengaruhi kualitas jamur. Saya merekomendasikan adonan standarnya komposisi 100 kg serbuk : 20 kg dedak : 2 kg kapur : air secukupnya.

. Adonan baklog jangan terlalu basah dan penyimpanan baklog sebelum dikukus jangan terlalu lama karena hal ini akan membuat adonan baklog berpotensi munculnya larva dan ulat.

3. Menjaga Kebersihan
.
Kumabung yang kurang bersih atau kurang steril akan mengundang kemunculan hama ulat. Ulat pada jamur membuat pertumbuhan serta kualitas jamur kurang baik bahkan jamur cendrung busuk.
Cara menjaga kebersihan kumbung dan Baklog:
– lantai kumbung disapu dari sisa – sisa tongkol jamur yang sudah dipanen dan digunting.
– Jangan biarkan air apalagi air kotor menggenang dalam kumbung
– Pembersihan baklog dari sisa-sisa akar yang sudah mati atau akar setelah jamur panen.
– kalau perlu lakukan pengerokan atau pemotongan pada permukaan baklog yang sudah mengeras ataupun berlendir.

Demikian lah yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat .
Wassalam.

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri
Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
%d blogger menyukai ini: