POTENSI DAN PROSPEK JAMUR TIRAM

Jamur tiram 
Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu jamur kayu yang sangat baik untuk dikonsumsi manusia. Selain karena memiliki cita rasa yang khas, Budidaya jamur tiram memiliki prospek ekonomi yang baik. Jamur tiram tumbuh pada serbuk kayu, khususnya yang memiliki serat lunak seperti jenis kayu albasiah. Suhu optimum untuk pertumbuhan jamur tiram adalah 20 – 28°C,dengan kelembaban 80 – 90 %. Pertumbuhan jamur tiram tidak membutuhkan cahaya matahari.

Pada ulasan sebelumnya tentang 6 Alasan Mengapa Harus Budidaya Jamur Tiram, kali saya akan berbagi sedikit seputar budidaya jamur tiram memiliki prospek ekonomi yang baik. Jamur tiram merupakan salah satu produk komersial dan dapat dikembangkan dengan teknik yang sederhana. Selainitu, konsumsi masyarakat akan jamur tiram cukup tinggi, sehingga produksi jamur tiram mutlak diperlukan dalam skala besar. 

  • POTENSI DAN PROSPEK JAMUR TIRAM

A. Keuntungan Budidaya Jamur :

>>Budidaya jamur memanfaatkan limbah organik yang banyak melimpah, murah danmudah didapat disekitar kita sehingga menjadikan lingkungan bersih,indah dan sehat.

.>>Budidaya jamur tidak memerlukan lahan yang luas.10X10 Meter(100 m2)bisa menampung ± 7500 baglog, dengan estimasi pendapatan ±Rp. 500.000 perhari,

>>Produk Jamur dapat dimanfaatkan untuk menambah gizi atau menu serta dapat menambah pendapatan.keluarga.

.>>Kompos bekas media tanam dapat langsung digunakan untuk pupuk kolam ikan, makanan ikan dan untuk memelihara cacing.

B. Prospek dan Peluang Budidaya Jamur : 

  • Permintaan jamur yang standar di pasaran, karena jamursebagai jenis sayuran yang banyakdikonsumsi olehmasyarakat, cita rasa yang lezat, bergizi tinggi. Saat ini banyak ragam olahan jamur seperti : nuget; Rendang jamur,krispy jamur yang sedang buming dikanca kuliner nusantara, dan jamur juga bisa digunakan sebagaimakanan alternatif untuk pengobatan.

 Mengandung 9 jenis dari 10 asam amino essensial: arginin,histidin, isoleusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan,dan valin, serta 72% lemaknya tidak jenuh,

 Mengandung vitamin: B1 (thiamin), B2 (riboflavin), niasin dan biotin.

 Mengandung elemen makro,2. Budidaya jamur menggunaan modal yang relatif kecil dan terjangkau oleh segala lapisan masyarakat,

Teknologi tepat guna yang murah & sederhana sehingga lapisan masyarakat pedesaan bisamelakukan budidaya jamur.

  • Budidaya jamur fleksibel sehingga dapat dilakukan siapa saja, dimana saja, kapan saja dantidak mengenal musim,dapat dijalankan dalam skala rumah tangga /kecil,menengah bahkandengan teknologi modern.
  • Budidaya jamur mempunyai waktu panen yang singkat 1,5 bulan sudah memetik hasil, tidak membutuhkan biaya pakan, obat-obatan, dan pupuk.

By:Melki Urang Minang

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri

1 thought on “POTENSI DAN PROSPEK JAMUR TIRAM

Jangan Lupa Like & Share

Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
%d blogger menyukai ini: