Kecemuih adalah jajanan tradisional khas minang yang berbahan dasar singkong, rasanya enak dan gurih.

Selamat pagi bunda, Semoga bunda dan keluarga dalam keadaan sehat dan sejahtera yah,, amin. Begitu banyak masakan serta jajanan khas orang minang yang mungkin belum kita atau para bunda coba. Pada postingan “uda” sebelumnya masakan tradisional padang tentang resep-cara-membuat-rendang-telur-kering-masakan-padang-asli   kali ini “Uda” akan mengulas seputar tentang Resep Cara Membuat Kecemuih Jajanan khas Padang. 

Kecemuih adalah makanan tradisional minang yang terbuat dari parutan ubi singkong atau ketela, yang dikukus dan di taburi parutan kelapa serta serta gula merah.

Seperti yang kita ketahui Singkong mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sangat baik untuk tubuh. Dan jajanan kecemuih ini tampa mengandung pengawet atau bahan kimia tentenya sangat cocok layak dikonsumsi oleh keluarga.

Berikut Resep cara membuat kecemuih:



Bahan:

  • 1 buah Singkong ukuran sedang (1 kg)
  • 1/2 buah kelapa tua.
  • 300 gr atau gula merah.
  • Garam 2 sdt.
  • 1/2 sdt vanili.

Cara Membuat:

  1. Kumpas kulit singkong, bersihkan dan parut kasar. Kemudian campur parut singkong dengan garam dan vanili. Anda bisa bisa menambah pewarna makanan supaya tampilan lebih menarik dan bervariasi
  2. Supaya tampilan lebih menarik  parutan singkong di cetak adonan memakai sendok nasi atau piring  kecil sehingga berbentuk separunh lingkarang atau lempengan, adonan dikukus kurang lebih selama 25 menit.
  3. Sementara parut singkong dikukus, parut kelapa dan cairkan atau panaskan gula merah ini berfungsi untuk taburan dan kuah kecemuih.
  4. setelah kukusan sudah matang angkat dan dinginkan, taburi parutan kelapa kemudian siram atau kuahi kukusan dengan gula merah. Kecemuij siap untuk di sajikan bersama keluarga.

Bunda juga bisa mengganti kuah gul merah dengan gula pasir.

Semoga bermanfaat. Wassalam.

 

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri

1 thought on “Resep Cara Membuat Kecemur (Kecemuih) Jajanan Khas Padang 

Jangan Lupa Like & Share

Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
%d blogger menyukai ini: