Selamat sore para penguasa jejamuran Se indoneaia. Terima kasih atas atensinya yang selalu setia mengikuti dan selalu update informasi dari situs manusiaistinewa.com ini. Sebagi media penyaji info seputar Teknologi Bisnis Jamur, kami akn selalu berusaha berbagi sesuatu dan pengalaman yang bermanfaat untuk kita semua.

Pada artikel tentang steamer-baglog-sederhana-murah-dan-efesien
Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang jenis-jenis Ring/cincin Baglog yang nantinya bisa menjadi acuan pilihan bagi kebutuhan kita masing-masing.
image
Ring / cincin Baglog : Merupakan kebutuhan peralatan Baglog saat pembititaan (inokulasi dengan memiliki fungsi tersendiri.

Kenapa Harus Pakai Ring/Cincin Baglog?. Berikut penjelasannya menurut versi pengalaman manusiaistimewa:

1. Ring atau cincin baglog yang dipakai saat inokulasi (pembibitan) berfungsi untuk penyimpanan ruang oksingien untuk bibit/baglog.
Saat kita pembibitan ring/cincin dalam kedalam steril dan ditutup dengan kertas koran yang sudah di diang dengan api Bunzen atau lilin.

2 Ring / Cincin Baglog juga berfungsi sebagai lubang pertumbuhan tunas jamur. Sehingga baglog tidak perlu dipotong.

# Namun selain pakai Ring/cincin baglog, beberapa Master petani jamur hanya mengikat atau mengucir baglog dengan karet atau tali bahkan hanya memakai seotip.

Apa saja Material Yang bisa dimanfaatkan sebagai Ring/cincin Baklog?

1. Pipa Paralon plastik ukuran 1 -2 inc
Saya sempat memakai paralon ukuran 1,5 inc panjang 4 meter yang bewarna abu-abu dengan harga 25.000.
Kelebihan ring dari paralon ini adalah ring bisa tahan lebih lama. Ukurun paralon bervarisi. Kelemahan untuk memotong paralon dalam skala besar perlu bantuan mesin pemotong.

2. Ring/cincin baklog dari Bambu. Kelebihan ring Baklog dari bambu bahan lebih irit dan mudah di dapat. Kekurangannya: Ring bambu sulit untuk dipotong, serta ring bambu sering ditumbuhi lumut dan berbubuk.

3 Ring Baklog pabrikan Ring baklog seperti sudah banyak memproduksi khusus pabarikan.
Kelebihan Ring ini sudah tersedia dalam bentuk Ring/cincin tinggal pasang ke Log dan bisa dipakai untuk beberapa periode. Kelemahannya kalau bagi saya harga lebih mahal dan ongkir jauah.

3 Ring atau Cincin Baklog dari selang Spiral berwarna orange.. Nah dari ketiga jenis ring /cincin baklog diatas yang sudah pernah saya coba, yang paling mudah, irit dan simple adalah ring dari selang spriral orange ini. Selang ini murah dipotong dengan menggunakan pisau kater juga bisa dipakai untuk beberapa periode. Harganya juga relatif Murah yaitu selang ukuran 1,25 inc seharga 5000 per meter. Untuk 10 meter = 50rb menghasilkan 750 ring/cincin.
Sebagai tambahan tutup ring saya pakai kertas koran dan di ikat karet gelang.

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat .jangan lupa like dan sehare artikel ini. Agar tersampaikan ke orang-orang yang membutuhkan.

Jika ingin saling berbagi info seputar teknologi jamur, silahkan komentar dibawah ini. Atau WA ke :081266902856
Wassalam

Baca juga:
penyebab-baglog-gagal-dan-cara-mengatasinya

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri

Jangan Lupa Like & Share

Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
%d blogger menyukai ini: