image

Assalamualaikum wR. wB
Selamat beraktifitas kepada seluruh pengusaha jamur di Indonesia. Saat ini saya sedang pengukusan atau seterilisasi atau bahasa bulenya steam Baglog jamur. Barangkali pada tulisan saya kali ini sedikit berbagi tentang steamer saya yang abal2 ini hehe. Sebelumnya mohon maaf kepada seluruh para Master tampa mengurangi rasa Hormat dan saling menghargai saya disini tidak bermaksud menggurui tapi hanya sekedar berbagi pengalaman saja.

Steamer (Pesteurizer) dalam teknologi jamur adalah alat yang berfungsi untuk mensterilkan atau kata lain guna untuk pengukusan baglog jamur. Pada umum alat pengukusan atau steamer adalah drum oli bekas yang berkapasitas 100-200 Baglog lebih. Dahulu saya menggunakan drum oli bekas untuk nyetem bahan bakar kayu. Namun jika menggunakan drum, sejauh ini hanya mampu berkapasitas 130an baglog saja. Saya akui kematangan Baglognya sangatlah bagus, hanya saja terkendala pada kapasitas. Untuk pengukusan 450an sekaligus saya hanya punya 3 buah drum dan 3 buah tungku api.

“Berikut Beberapa Kelemahan Steamer Dari Drum Bekas”
1. Kapasitas Baglog hanya kirasan 100-150 baglog.

2. Kesulitam dalam menyusun Baglog jika sudah melebihi ketinggian drum.

3. Tutup bagian atas steamer sering lepas atau meletus.

Karena permasalasan seperti diatas sering saya alami saat menggunakan steamer drum oli bekas, Akhirnya saya berinisiatif mencari alternatif lain untuk membuat steamer (Pesteurizer) dengan biaya yang bersahabat ” dimaklumi saja karna kantong saya sering sobek ahhahaha.

Dengan melihat referensi teknologi steamer di media sosial ataupun youtube, alhadullah saya coba cipta steamer sistim blower (uap). Biasanya steam di buat dengan bahan seng plat ketebalan 1 – 2 mm. Karena keterbatasan biaya saya hanya memakai seng plat ketebalan 0,2 mm.

Berikut Rincian bahan dari Stema saya::
– 6 buah seng plat ukuran 90X200 cm ketebalan 0,2 mm.

– 3 batang besi siku ukuran 40x40x3 mm panjang 6 meter.

– 5 lembar triplex ketabalan 3mm ukuran 122×222 cm

– 1 buahdrum bekas yang sudah dipotong dua

– 50cm atau 75 cm pipa besi ukuran 4 inc.

“Fungsi Alat dan Bahan”
Seng Plat adalah bahan utama dari steamer untuk penyimpan panas dan uap.

Besi siku berfungsi untuk bingkai pembuat steamer / bos biar kokoh.

Triplex alah dinding bagian luar steam agar panas uap tidak terasa sampai keluar steamer atau saya mengistilahkan peredam radiasi dari dalam.

Drum berfungsi sebagai boiller dandang, atau blower didalam drum ini yang akan di isi air pengukusan. Pengahasil uap ke box.

Pipa besi
Berfungsi sebagai aliran uap dari dandang atau drum ke dalam stemer atau box.
image

Teknik perakitan. karena saya hanya memakai seng plat tipis untuk menempelkan seng ke bingkai menggunakan paku tembak. Yang dilas hanya besi siku / bingkainya saja. Lakukan pemasangan dari bagian dalam bingkai. ” langsung dempetkan seng dan triplex” .tripex nantinya lapisan bagian luar ya om jangan kebalik nanto triplexnya malah matang duluan hehe.

Dengan bahan baku diatas hasil steamer saya dengan ukuran tinggi 2m dan lebar 90 cm. Satu sisi box ukuran satu seng plat.
Dalam box atau steamer terdiri dari rak tiga lantai bertujan untuk menyusun baglog yang muat anatar 450 lebih baglog.
Dan saya memakaai bahan bakar kayu. Steam minimal 8 jam . O iya om. Jangan lupa tutup drum/dandang/blower rapat2 agar semua uap nya meluncur ke dalam box. “Biaya pembuatan -…😀

Terima kasih semoga bermanfaat. Untuk vidionya steamer ada di fb saya : https://web.facebook.com/melqiu.rameoul

Wassalam.

Baca juga Alat press Baglog manual bisa di bikin sendiri

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri

Jangan Lupa Like & Share

Copyright 2019 @manusiaistimewa.com