image

ssalamualaikun Wr wB .
Selamat pagi para suhu jamur. Sebagai produsen jamur tiram, kita pasti membutuhkan bibit F2 untuk di turunkan atau ditanam ke media Baklog. Pada umumnya kita lebuh sering membeli bibit f2 kepada petani jamur yang sudah lebih master dari kita. Termasuk saya, yang masih membeli bibit F2 ke petani jamur. Namun terkadang kendalanya adalah stok f2 terkadang kosong dan bahkan ada kualitas bibit yang jurang bagus. Hehhe.

Oleh karena itu saya berinisiatif untuk mencoba membuat bibit f2 dengan memanfaatkan bahan baku yang mudah didapat dan memakai peralatan seadanya. Mesjkipun demikian alhamdullah saampai sekarang saya sudah produksi f2 sendiri kemasan plastik karena biaya operasionalnya lebih murah. Namun terkadang kalau lagi malas dan sibuk saya maaih beli bibit f2 ke teman-teman sesama petani lainnya. Okehhh langsung saja berikut komposisi cara membuat f2 kemasan Palastik:

A. Persiapan bahan baku
-1 botol Bibit F1 ( yang akan diturunkan ke media f2)
– 5 kg jagung pecah
– 2 ons kapur dolomik
– 2 kg sebuk kayu

B.  Peralatan
– Plastik kemasan Ukuran     menyesuaikan keinginan
– Autoclev / Panci presto (sebagi alat pengukus steamer)
-Karet kegang
-kapas, spritus/lilin,sendok, alkohol dan peralatan sterilisasi
lainnya

C. Prose Pembuatan:
1. Jagung pecah direndam dalam air selama semalam atau 12 jam. Setelah itu tiriskan dan campur dengan media serbuk dan kapur dolomik. Aduk hiingga merata. Sehingga adonan tidak kering dan tidak juga basah (seperti takaran adonan baklog)

2. Setelah adonan selesai di campur, masukkan kedalam kemasan plastik denga takaran berat lebih kurang 250 gram. Lalu ikat dengan karet gelang

3. Kemudian kukus / sterisasi media selama minimal 5 jam dengan suhu 100’C mengunakan autoclev atau panci presto.

4. Setelag selesai sterilisasi, dinginkan media selama minimal 5 jam, setelah itu baru lakukan pembibitan atau inokulasi menggunakan bibit f1. Lakukan pembibitan seperti halnya kita inokulasi baklog.

5. Setelah itu lakukan proses inkubasi atau penyimpanan. Simpan di dalam ruangan yang sejuk dan steril. Seperti : dalam lemari, keeanjang.

6. Setelah 15 haru miselium akan mulai full dan sudah bisa diturunkan ke media baklog.

Semoga bermanfaat .
Sikahkan komentarnya jika ada masukan dan perranyaan.

Wassalam.

News Reporter
Pemuda Yang Sukses Berwirausaha Secara Mandiri
Copyright 2019 @manusiaistimewa.com
%d blogger menyukai ini: